Etude

Notre Dame de Paris, Permata Arsitektur Gotik

Kabar di pertengahan April lalu perihal kebakaran yang menimpa salah satu bangunan historis terpenting di Eropa, Notre Dame de Paris, membuat masyarakat Prancis dan warga dunia berduka.

Katedral yang sarat akan sejarah ini memang sudah dari dulu termahsyur dan dianggap begitu penting bagi masyarakat Paris. Milioner-milioner Prancis bahkan segera saja mendonasikan uangnya untuk pembangunan ulang, dan para arsitek mulai mengusulkan beberapa desain baru untuk Notre Dame de Paris ini.

Mari kita ulik lebih lanjut katedral ini dari perspektif arsitektur.

Sumber gambar: https://static01.nyt.com/images/2017/09/29/world/xxpariscathedral1/xxpariscathedral1-superJumbo.jpg?quality=90&auto=webp

Konon, Notre Dame de Paris merupakan salah satu contoh arsitektur Gotik terbaik yang pernah dibangun. Dilansir dari The New York Times, katedral yang mulai dibangun pada abad ke-11 ini dianggap sebagai “a jewel of medieval Gothic architecture”, atau permata arsitektur Gotik abad pertengahan.

Karakteristik Gotik begitu kental terlihat pada elemen-elemen arsitektural katedral ini. Beberapa yang menandai karakteristik Gotik katedral ini, antara lain:

  • Proporsi bangunannya yang tinggi, ramping, dan berujung lancip

Pada masa abad pertengahan, aspek spiritual dan religius memegang pengaruh besar bagi karya-karya arsitektur, terutama pada arsitektur gereja dan katedral.

Proporsi yang tinggi dan ramping ini memberikan kesan megah, juga membantu memberikan efek ‘intimidasi’ pada para jemaat akan besarnya kekuatan Tuhan. Sementara itu, ujung lancip katedral memiliki arti harapan untuk mencapai surga.

  • Flying buttress

Flying buttress ialah elemen yang menyangga bangunan utama agar tetap berdiri kokoh. Berbentuk melengkung dan menyokong dinding luar dengan tumpuan buttress yang tegak, elemen ini memang tampak seperti melayang.

  • Gargoyle

Patung monster-monster kecil yang cukup familiar ditemui di sepanjang atap bangunan Gotik disebut gargoyle. Fungsi utama gargoyle sebenarnya adalah sebagai jalur air hujan, yang mana nanti air itu akan keluar dari mulut-mulut mereka, sehingga mencegah air hujan mengikis material bangunan.

  • Rose window

Seperti namanya, rose window adalah jendela besar yang berbentuk seperti mahkota bunga mawar yang melingkar. Pada kaca patri di setiap jendela itu, terdapat ilustrasi cerita-cerita religius, termasuk di dalamnya adalah kisah kebangkitan Yesus Kristus.

  • Interior luas & pencahayaan alami

Dua aspek ini yang begitu tampak membedakan arsitektur Gotik dan aliran-aliran sebelumnya, seperti arsitektur Romanesque. Sebelum adanya Gotik, istana cenderung masif, berdinding tebal, dan tertutup tanpa adanya jendela-jendela besar.

Sumber gambar:
https://www.thoughtco.com/thmb/ESo1oGLiuZSTWgsday30M-vQZoQ=/1686×0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc():format(webp)/buttress-172155323-574771e13df78ccee1946ed6.jpg
https://arsitagx-master-article.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/article-photo/276/dsc0153.jpg
Sumber gambar:
https://www.catholicnewsagency.com/images/shutterstock_182940158.jpg?w=760
https://arsitagx-master-article.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/article-photo/276/fd7cd49cefd38d0a53c5a1ad6d3ac65d.jpg

Tentu karakteristik-karakteristik ini belum semuanya dan masih ada banyak hal-hal yang begitu menarik yang dapat dipelajari dari Notre Dame de Paris selain dari perspektif arsitektural — mulai dari sejarahnya, usaha-usaha restorasinya, hingga benda-benda pusaka yang disimpan di dalamnya. (FPA)

Referensi:

Arsitag. 2019. Gaya arsitektur Gotik.

https://www.arsitag.com/article/gaya-arsitektur-gotik (diakses pada 8 Mei 2019)

Nytimes.com. 2019. Fate of Priceless Cultural Treasures Uncertain After Notre-Dame Fire.

https://www.nytimes.com/2019/04/15/world/europe/crown-of-thorns-notre-dame.html?module=inline (diakses pada 8 Mei 2019)

Nytimes.com. 2019. Notre-Dame Cathedral: Facts and a Brief History.

https://www.nytimes.com/2019/04/15/world/europe/notre-dame-cathedral-facts.html (diakses pada 8 Mei 2019)

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed